Monday, October 10, 2016

Keindahan Danau Toba dari Bukit Merek, Sidikalang.

        Danau Toba termasyhur bukan hanya di negaranya sendiri, yang merupakan danau terbesar di Indonesia. Namun sangat terkenal juga di mancanegara. Keindahan danau Toba, legenda yang menyertainya, hingga beragam cerita wisata sangat menarik untuk dilihat lebih dekat.

          Dari bukit Merek, Sidikalang danau Toba terhampar gagah. Udara bukit yang sejuk membuat orang betah untuk menghabiskan waktu berlama-lama di tempat tersebut.

          Sudut pandang yang pas terletak di kawasan Taman Simalem Resort, Sidikalang. Pengunjung bisa menikmati pemandangan danau Toba yang menawan dari area taman resort tersebut. Beberapa hotel dan penginapan di Danau Toba semakin maju dan lengkap.

Resort ini terletak di km 9 Merek, Sidikalang. Akomodasi dari Kota Medan bisa menggunakan kendaraan umum hingga Berastagi, kemudian melanjutkan dengan bus menuju Kecamatan Merek. Waktu tempuh sekitar 2,5 – 3 jam.


         Tempat ini adalah penginapan yang sangat direkomendasikan untuk mereka yang ingin mengisi liburan dengan beragam aktivitas. Karena resort sekaligus hotel ini demi memenuhi kebutuhan pengunjung akan tempat wisata, selain menyajikan pemandangan danau Toba yang menjadi daya tarik utama, resort ini dilengkapi dengan beragam fasilitas. Di antaranya:
  • Sidompak Camping: sebuah area untuk memberikan pengalaman kemping di alam terbuka dalam suasana yang menyenangkan, direkomendasikan untuk usia 7 tahun ke atas.
  • Flower Nursery dan Green Zone: sebuah area perkebunan bunga, buah-buahan, dan sayuran yang bisa dikunjungi dalam durasi waktu tertentu. Pengunjung bisa memetik buah dan sayuran sendiri.
  • Outbond: Tingkatan out bond di sini bervariasi. Dikelompokan dengan penamaan warna, pink circuit, red circuit, black circuit. Berdasarkan kerumitan sirkuit dan usia pengguna. Memberi pilihan pada pengunjung untuk memilih sesuai kemampuan dan usianya.
  • Sport: Mencakup Forest Trek, Farm Trek, Mountain bike Trek, Fireball, Golf, Archery. Setiap jenis sport memiliki daya tarik tersendiri, seperti Forest Treak, yang berdurasi 120 menit mengelilingi hutan di sekitar resort. Pengunjung bisa melihat air terjun, hutan yang masih asli, beraneka ragam pohon dan tumbuhan lain.
  • Aneka permainan dan kegiatan untuk anak-anak dan remaja, seperti: Labyrin, pengunjung memasuki lorong-lorong dari pohon dan mencari jalan keluar. 


Wisatawan yang menginap di Taman Simalem Resort cukup beragam, dari wisatawan lokal hingga mancanegara yang berkunjung untuk melihat keindahan danau Toba. Karena alasan itu menu-menu di kafe dan restoran di sekitar resort ini juga beragam, mulaidari makanan tradisional hingga western, salah satu kafe yang menyajikan menu tersebut adalah Kodon-Kodon Kafe.

Salah satu spot terbaik ada di Teahouse. Anda bisa bersantai diantara embusan angin bukit sambil melihat keindahan alam di beranda kafe yang menghadap langsung ke danau Toba. Tempat ini buka 24 jam, memungkinkan wisatawan dapat berkunjung kapan saja.


Resort ini berada di Sumatra Utara dengan kebudayaan yang masih terjaga. Untuk melengkapi informasi bagi wisatawan tentang kultur dan budaya setempat, ada sebuah rumah adat lengkap dengan pakaian tradisional yang bisa disewa untuk berfoto. Di sana juga dijual cinderamata khas seperti ulos dan ukiran kayu.

Keluar dari area resort, wisatawan bisa berjalan-jalan ke Desa Tongging. Di sana umumnya masyarakat beraktifitas sebagai petani dan nelayan. Di sana pula wisatawan bisa menyewa perahu kecil untuk berkeliling danau Toba. Setelah puas menikmati danau Toba dari ketinggian, tiba saatnya wisatawan merasakan langsung bersentuhan dengan danau Terbesar ini.

Wisata kuliner di desa Tongging juga cukup terkenal, dengan menu makanan khas bernama arsik ikan mas. Olahan ikan mas yang dimasak dengan resep tradisional turun temurun. Menu tersebut bisa ditemukan di kedai-kedai makan sekitar Desa Tongging.



Ada satu yang menarik, yang berbeda dengan masayarakat lokal di Desa Tongging, yaitu olah raga paralayang. Wisatawan bisa melakukan paralayang dari bukit-bukit di Desa Tongging sambil menikmati keindahan danau Toba dari ketinggian.

Ada air terjun Sidompak yang masih berada di kawasan Desa Tongging. Air terjut tersebut bisa dijadikan tujuan wisata lain setelah menikmati Danau Toba.

Sekitar 11 km dari desa Tongging, namun sudah berbeda kota ada sebuah pusat pembelian oleh-oleh khas suku setempat. Tepatnya di Desa Silalahi, Kecamatan Sabungan, kabupaten Dairi.

Di kecamatan Merek Sidikalang dapat puas berwisata mengunjungi Danau Toba, mulai melihat dari atas bukit, mengitari dengan perahu sewaan, hingga bisa mencoba berparalayang.








2 comments:

  1. Ah.. Jadi kangen arsik nih. Mau bikin sendiri di Jakarta gak ada andaliman :(

    ReplyDelete
  2. rekomend banget nih, buat mengisi liburan bareng anak-anak.. terimakasih ya kak

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan