Monday, December 16, 2013

Ayo Jadi Orang Jahat



Apa sih nasehat yang paling sering dikatakan ortu sama lo? Rajin belajar? Jadi orang sukses?

Dulu, pas gua masih kecil dan polos, sekitar umur 8 tahunan lah. Gua dan Mak seringkali duduk berdua di depan teras, sambil ngeliatin orang yang baru pulang dari kegiatannya masing-masing. Biasanya, Mak akan menyeruput tehnya sedikit, terus bilang
“Nak, kamu itu harus jadi orang baik. Jangan jadi orang jahat. Nanti gak masuk surga.”

Gua hanya manggut-manggut, sambil asik ngupil. Ngupil adalah kebiasaan yang sulit gua hilangkan, bahkan hingga sampai saat ini. Entah kenapa ngupil selalu memberikan sensasi tersendiri. Kalau belum dapat, terus dijelajahi tiap milimeternya. Makanya lubang hidung gua diameternya sebesar 30 cm. Trus kalau upil udah dapat, pasti dipilin-pilin kecil, dan ditembakkan ke sembarang arah.

Tapi, gua ngupil bukan karena gak menghargai Mak, namanya juga masih anak-anak. Tau apa. Berlarian kesana-kemari tanpa sehelai benang pun, dengan titit yang terus bergoyang naik turun. Sama sekali gak ada malunya.

Gua emang kurang akrab sama Mak. Gua lebih akrab ke nenek. Tapi semua nasihat Mak maupun Nenek, tetep gua usahakan untuk dijalankan. Ya, walaupun ada kadang-kadang yang gak sih.

Dan tentang nasihat untuk jadi orang baik, kayaknya bakal jadi nasihat umum semua orangtua kepada anaknya. Tentu gak ada orangtua yang pengen anaknya jadi pelaku kriminal, pecandu narkoba, atau pelaku PHP. Gak ada. Semua ingin anaknya menjalani kehidupan yang lurus, tanpa melenceng kesana kemari.

Gua bertumbuh dengan tetap memegang teguh keyakinan untuk tetap menjadi orang baik. Dan melihat tingginya tingkat kriminalitas di negara tercinta ini, membuat gua geleng-geleng kepala. Bukan karna gua lagi denger musik DJ. Bukan.

Gua hanya prihatin, mereka yang melakukan kejahatan, mungkin kekurangan kasih sayang dari orangtua mereka. Tidak ada yang menasihati mereka untuk menjadi orang baik. Ah kasihan sekali.

Pasti sebagian besar dari kita, memimpikan dunia yang penuh dengan kedamaian. Tidak ada peperangan, tidak ada tindak kejahatan. Semua saling tolong menolong. Pasti indah banget kalau dunia damai kan? Betul gak? Betul gak?

Salah !

Setelah gua menjalani proses perenungan yang dalam. Gua baru sadar, kalau kejahatan itu perlu ada, dan kedamaian sempurna adalah mimpi yang tidak akan pernah bisa kita wujudkan. Kecuali di akhirat. Itupun kalau lo masuk sorga.

Kenapa gua bilang gitu?

Karena menurut gua, kedamaian sempurna itu adalah suatu keadaan yang sangat membosankan.

Lo tau gak, apa efek kalau kejahatan itu dimusnahkan dari dunia ini?

Yang pertama, gak akan ada yang namanya industri film. Kenapa? Karena inti dari film adalah perang antara kebaikan dan kejahatan. Bahkan film bokep sekalipun. Ada setan yang masuk ke sorga. Itukan kebaikan dan kejahatan juga.

Lo bayangin aja ada film, tapi sama sekali gak ada kejahatannya. Apa serunya film semacam itu? Superman cuma keliling kota memamerkan sempak barunya. Spiderman cuma berayun tanpa tujuan yang pasti. Rambo cuma nembakin pohon. Film tanpa adanya konflik, pasti sangat membosankan. Dan konflik yang luar biasa itu, ya kebaikan vs kejahatan.

Sinetron juga gak bakalan ada. Lo tau sendiri kan cerita sinetron kayak mana, pasti tentang jahat dan baik. Dan kalau kejahatan ditiadakan, roh sinetron pasti ilang. Karna peran antagonisnya gak ada. Dimana letak keseruannya? Ya, meskipun gua gak tau apakah sinetron itu seru atau gak, dan kalaupun sinetron hilang, gua bakal bersyukur banget.

Film-film keren semacam Superman, Thor, Rambo, dan lain-lain gak akan pernah lo nikmati. Lo juga gak bakal punya cita-cita aneh semasa kecil. Entah jadi Superhero, Wonder Woman, Power Rangers, Kamen Raider, dan lain lain. Lo mau numpas apa kalau gak ada kejahatan? Cita-cita lo mungkin bakal berubah jadi pengen kayak Dora, Teletubbies, atau Catdog?

Yang kedua, kejahatan akan menambah tingkat pengangguran. Iya jelas, kalau kejahatan gak ada, pasti angkatan bersenjata gak ada. Kalau angkatan bersenjata gak ada, mereka bakalan jadi pengangguran dan akan semakin menambah tinggi persaingan mencari pekerjaan. Angkatan bersenjata bekerja aja, pengangguran banyaknya minta ampun. Apalagi kalau angkatan bersenjata ikutan jadi pengangguran. Walah walah.

Yang ketiga, tanpa adanya kejahatan maka dunia ini akan semakin sesak. Ada teori evolusi yang diajarkan oleh dosen gua, bahwa memang dalam kehidupan akan ada kejadian yang membuat sebagian atau seluruh generasi itu mati. Baik karena bencana alam, atau karena ulah manusia. Itu adalah proses alamiah. Contohnya kayak gempa di Aceh, Topan Haiyan di Filipina. Yang tewas gak cuma satu atau dua orang. Tapi ribuan. Itulah cara alam mengendalikan keseimbangan.

Tsunami aceh itu sudah pernah terjadi ratusan tahun sebelumnya, dan akan terjadi lagi ratusan tahun mendatang. Karena memang itulah cara alam mengendalikan populasi.
Memang kedengarannya keji, tapi peristiwa Holocaust, genosida, perang dunia, memang seharusnya ada. Supaya populasi manusia terus terjaga. Coba lo pikir, kalau sejak Adam sampai saat ini, selalu damai. Tidak ada perang. Tidak ada bencana alam. Sudah pasti kita akan menginvasi planet lain. Karena bumi sudah terlalu sesak menampung jumlah manusia yang terus berkembang

Yang terakhir, kalau kedamaian sempurna itu terjadi, sudah pasti dunia akan kiamat. Kenapa? Ya buat apa lagi hidup di dunia kalau memang sudah damai. Tidak ada perang. Semua orang mempercayai satu Tuhan.

Bukankah lebih baik kiamat, dan kita semua ke sorga?

Gua buat artikel ini bukan menghasut lo supaya menjadi orang jahat. Hanya sekedar memberi cara pandang baru kepada lo. Jangan memandang sesuatu dari satu sisi saja. Karna sisi yang paling buruk sekalipun, pasti mempunyai sisi baik. Karena kebaikan dan kejahatan itu pasti akan sejalan. Mereka bagaikan dua sisi mata uang. Tidak bisa dipisahkan.

Cobalah memandang sesuatu dari segi positifnya. Maka lo akan menemukan, bahwa banyak hal menarik di dunia ini, yang terlewat begitu saja dari perhatian kita.

Semoga dengan membaca ini, pemikiran lo tentang hal baru lebih terbuka. Tapi gua tetap menerima segala kritik dan saran dari lo semua. Silakan tuliskan semua keresahan hati lo mengenai artikel ini di kotak komentar. Atau lo ada pendapat yang lebih keren lagi. Ayo, berbagi.




74 comments:

  1. Betul juga ya, orang baik membutuhkan orang jahat, dan orang jahat membutuhkan orang baik:D

    megaman aja kesepian ga ada pahlawan, sampai2 nekat ciptain pahlawan baru buat mengalahkan dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. megamind maksud lo?
      nah itu dia. kejahatan itu perlu ada di dunia ini

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. nah iya itu, wah salah tulis gue, kalau megaman itu yang robot itu yak

      Delete
  2. gue gak tau Mak lo ngasi makan lo apaan sampe hal2 kayak gini bisa terlintas dipikiran lo =)) Bener sih kata lo, jahat itu jg dibutuhin, gue gak mau punya cita2 jadi Dora wahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma makan nasi doang kok.
      pasti masa kecil gua suram banget kalo gak ada film superhero yang membasmi KEJAHATAN

      Delete
  3. simple sih, kalo gak ada orang jahat, berarti gak ada orang baik. yaaa buat tolak ukur lahhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. jadi kejahatan itu kan tetep penting juga. hehe

      Delete
  4. gue juga kalo ngupil suka digituin bang, wk.

    ReplyDelete
  5. haha pinter lo. Tapi gada kejahatan yang bermanfaat untuk orang coi. Camkan! Salam kenal yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang gak ada. kan gua gak bilang kejahatan itu bermanfaat. gua bilang kejahatan itu perlu ada.
      salam kenal juga

      Delete
  6. Klo ngeliat dari sudut pandang itu, sekilas mungkin masuk akal...
    so, klo seandainya (seandainya nih ya), salah satu anggota keluarga kamu meninggal dibunuh oleh perampok, apa bakal bisa bilang : "udah ga apa2, ini cara alam ngendaliin populasi kok" ??
    atau, seandainya (seandainya yaahh), klo salah satu anggota keluarga kamu diperkosa, apa masih bisa bilang : "udah ga apa2, ini buat bahan sinetron kok" ??
    film tanpa ada orang jahat juga masih ada, ga semua film mesti ada orang jahat kan ?

    bukan bermaksud mengkritik, hanya supaya pikiran lebih terbuka lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin gua gak bakal bilang gitu. tapi seandainya pun itu terjadi, gua cuma bisa berdoa kepada Tuhan. itulah gunanya agama

      Delete
  7. Keren nih! Memikirkan apa yg mungkin orang lain ga mikirin wkwk. Ayo Jadi Orang Jahat! Gue jg punya pos gokil nih http://hendrifahrezi.blogspot.com/2013/09/ada-komentar-dibalik-inisial.html?m=1

    ReplyDelete
  8. Good perception. Karena orang baik nggak bakal terlihat baik kalau nggak ada orang jahat.

    ReplyDelete
  9. iye bener banget tuh,,,, kebanyakan orang selalu mikir disitu situ aje,, kaya gue contohnye,,, coba aja kalo berpikir lebih luas dikit,,, wakakak,,


    jangan lupa berkunjung dimari ye,, prasojojoo.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya gua buat artikel ini. supaya pemikiran lebih terbuka

      siap ke tkp

      Delete
  10. jadi inget film Megamind nih,
    saking bosennya si tokoh jahat, sampe sampe dia nyiptain pahlawan super biar bisa tanding ngelawan dia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. walau akhirnya dia gak bisa ngendaliin sih

      Delete
  11. Bhahahaha cerdas! Postingan lo memandang sudut yg berbeda xD keren

    ReplyDelete
  12. Woww,, jadi orang jahat yah. Hmmmm, hidup itu memang harus seimbang ada yang baik tentu ada juga yang jahatnya.
    Dan setiap orang pasti pernah berada di posisi jahat, karena seseorang juga harus bisa mengambil pelajaran dari setiap sikap dan tindakannya, baik yang jahat maupun yang baik.

    Plizzz deh, acara ngupilnya ga usah diperjelas keless,,, waktu salaman samaku kemaren nggak habis ngupil kan #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. kan baru dari kamar mandi itu. jadi tangannya bersih

      Delete
  13. justru kalo nggak ada orang jahat, pasti nggak lahir penulis brilian..lha apa yg mau ditulis kalo isi dunia kebaikan semua? hambar bro... hahaha... but, nice idea... salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan gua nekankan kejahatan disini. bukan kebaikan
      but, thank lah

      Delete
  14. "kedamaian adalah suasana yang sangat membosankan", that's right :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. sama kayak pacaran. wajib berantem. haha

      Delete
  15. Kejahatan itu emang keniscayaan. Tapi gue ga masuk kuadran syaitan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. ya gua juga gak mau keles

      Delete
    2. Katanya, setan itu akan tetap ada hingga akhir dunia untuk mengajak manusia berbuat jahat. Sudah pasti kejahatan selalu ada, mau diperlukan atau ditentang. Masalahnya, mau jd orang yg bertindak jahat atau bertindak baik. sok jahat, atau sok baik.

      tapi mending jadi yg baik aja deh, karena yang jahat udah dipastikan selalu ada, yg baik masih jadi ajakan dalam ajaran dan didikan. gitu nggak Man?

      Delete
    3. haha. iya haw. gua buat artikel ini sekedar memandang dari segi lain aja. bahwa kejahatan itu emang diperlukan dalam dunia ini

      Delete
  16. Ihiy, aku juga berpendapat sama sih. jahat engga itu tergantung darisudut mana kita memandangnya :D

    ReplyDelete
  17. Kejahatan ada supaya kita bisa berkaca juga, kejahatan ada karena adanya persepsi pandangan 'baik' jadi sebenernya emang bener jahat itu tergantung dari sudut pandang. Bahkan ada juga yang sebenarnya baik tapi dilihat sebagai 'kejahatan' karena ga lazim dilakukan. Nice post, jadi diingetin lagi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kadang malah kebaikan itu diselubungi oleh kejahatan

      Delete
  18. Salam balik dari abigoblog.blogdetik.com

    Happy Blogging

    ReplyDelete
  19. Nice post :)
    semua hal kayanya emang harus ada baik buruknya, ya. harus seimbang gitu.

    ReplyDelete
  20. jadi kegiatan jahat apa aja yang udah lu lakuin bro? ups :D

    ReplyDelete
  21. Bahkan, Dora pun punya musuh: Swiper. Hahaha. :D

    ReplyDelete
  22. upil dibuang mah nggak ada gregetnya.Ditempelin tembok baru greget

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh jadi elo pelakunya. dasar tukang tempel upil

      Delete
  23. Judul blog nya Coretan Asal, tapi.. postingannya penuh perenungan lho, hehehehe. Keren, deh. Topiknya kecil tapi gede. Kayak upil dong ya? wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak? Aku masih 15 tahuuun wkwkwk *beneran
      Emang pemilik blog ini masih SMP? hehe

      Delete
    2. aku 19 tahun sih. haha
      ya maaf. dari fotonya kayak udah tua gitu

      Delete
  24. Iya sih ada benernya juga. Kepikiran lo ya sampe situ haha
    Emang disebuah cerita gak rame kalau gak ada pemeran antagonisnya.. Setuju deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. soalnya yang mancing emosi penonton itu ya, pemeran antagonis

      Delete
  25. Haha bener gan. Polisi bakalan gak punya duit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya sih gan. dari gaji doang tapi. bukan dari "itu"

      Delete
  26. jadi, kita harus jadi orang jahat dengan tujuan positif? supeer sekaleeee :D

    ReplyDelete
  27. SETUJU!! *prok prok prok.. nyeleneh tapi bermanfaat isinya buat gue :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih. semoga manfaatnya gak ilang

      Delete
  28. asli keren, bisa aja ngangkat temanya.
    berati kejahatan udh kayak bagiqn dlm kehidupan yg klo di ilangin bisa ngerusak keseimbangan kayak kita ngilangin salah satu dari rantai makanan
    keren bro...

    ReplyDelete
  29. Benar juga sih kalau "kejahatan" dihapus nanti gak ada sinetron atau film yang pura" di copet ya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah. mbak titis kembali nyasar kemari. hahaha. keren

      haha, gak tau deh mbak kalau urusan sinetron. aku jarang nonton

      Delete
    2. jangan, jangaan. nanti cinta fitri muncul lagi kalo kaya gitu o...o

      Delete
    3. lo penggemar sinetron cinta fitri?
      oh come oonn.

      Delete
  30. jadi keinget lagunya sheila on 7 "mengapa ada sang hitam, bila putih menyenangkan~", yang nulis lagu pasti bakal insyaf kalau baca ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah. gua gak tau ada lagu so7 yang gitu. haha
      tobat dia pastinya

      Delete
  31. halo broo,, ikut nimbrung yah.. :D
    yoi emg pemikiran yg kyk gtu bro, gw jg dulu pny pmikiran sama kyk u.. tp dasar nya manusia itu kn berkembang.. skr gw sadar kl pemikiran gw yg dulu salah, buat gw tp.. ga tau kl org lain.. gw juga dlu ngrasa kl ga ad kejahatan hidup pst boring bgt, cmn gw mikir lbh objektif lg, tau drmn hal itu bakal boring? coz dunia kn belum pernah diposisi yg bener2 damai yg isinya orang baik smua..
    saat u mnjadi jahat, akan ad dendam, emosi, egois, dan kenikmatan duniawi yg lbh kearah kesenangan diri sendiri. positifnya hidup u bakal ngrasa bisa nglakuin apa pun krn udah ga ad rasa takut lg dalam diri u. rasanya enak tuh! gw pernah ngalamin itu.. :D
    tp kl u mnjadi baik, yg akan u rasakan itu bakal kesiksa banget. u bakal direndahkan org lain krn u ga mau membalas kejahatan dengan kejahatan jd harga diri u bakal jatuh, tp hal positifnya u berada dijalan yg sesuai dengan ajaran agama kalian. hal positif nya u bisa memberikan kebahagiaan untuk orang lain. akan ad kepuasan dalam diri u saat u udah bisa meringankan org2 yg lg kesusahan.
    jd kl menurut pmikiran gw seh, kl kt dunia isinya org baik semua mungkin ga akan boring kok, coz bakal ad orang lain yg akan datang untuk ngilangin kejenuhan kita.
    dlu gw ngerasa kl mnjadi jahat gw bakal jd orang kuat. tp ternyata orang yg bener2 kuat itu adalah orang2 baik. krn mrk membahagiakan orang lain, bukan diri sendiri.

    tp ini menurut gw ya broo, ga tau kl org lain.. hehe.. :D
    salam kenal yh bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, gua gak minta lo supaya jadi orang jahat juga sih. gua cuma bilang kejahatan itu perlu ada.

      tau gak kenapa angin bisa bertiup? karena ketidakseimbangan.
      angin bergerak dari udara padat ke udara renggang. ketika udara padat ditinggalkan, maka otomatis dia kembali renggang. maka angin pun mengisi ruang renggang itu kembali. dan kalau udara seimbang kadar padatnya, maka angin tidak akan bertiup.

      sama kayak ini, jika keseimbangan sempurna tercapai, kadang malah kekacauan yang timbul

      Delete
  32. itu udh kodarnya, nggak semuanya jg pakai logika, tuhan maha esa , kuasa allah tdk bsa di pkir oleh otak manusia, lbih baik bnyak brsukur ketimbang mikir yg enggak2 itu bsa bkin iman kita turun, Allah juga maha adil, smua ada pasanganya masing2, ada kaya miskin,besar kecil,hitam putih, Dan itu td ada baik dan jahat, so kita jd diri sendiri aja, pilih jahat apa baik, yg punya agama percaya diakhirat pastI pilih jd org baik, inget dunia itu hanya sementara :)

    ReplyDelete

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu diharamkan